Searching...

Artikel Popular

13 November 2013

Tips Menangkap Peluang Bisnis

Tips Menangkap Peluang Bisnis
Adakah tips menangkap peluang bisnis yang efektif? Dari sejumlah kajian dan hasil penelitian ditemukan adanya berbagai kendala dan tantangan yang kerap menjadi hambatan bagi pelaku usaha. Kendala itu meliputi faktor pemasaran, masalah produksi, pembukuan atau akuntansi, aspek permodalan, dan terakhir masalah sumber daya manusia.

Hal ini memperlihatkan kebanyakan pelaku usaha  cenderung lebih berorientasi pada produk (product oriented) ketimbang terhadap pasar (customer oriented). Hal ini tentu saja berbeda sekali dengan usaha besar yang lebih mengutamakan aspek pelayanan dan kepuasan pelanggan ketimbang terhadap produk.

Perbedaan ini tentu saja memberikan implikasi yang berbeda, terutama menyangkut ‘dari mana dan mau kemana’ para pelaku usaha menjalankan usahanya. Akibatnya, ketika produk sudah dihasilkan mereka pun mengalami kesulitan untuk memasarkannya. Bandingan dengan Peluang Usaha Makanan Ringan.

Selain itu, kondisi ini juga berhubungan dengan bagaimana proses mentalitas entrepreunership terbangun. Berdasarkan pengalaman negara-negara maju, tumbuhnya jiwa dan mentalitas kewirausahaan berlangsung secara bertahap dan evolutif.

Mentalitas kewirausahaan berawal dari semacam keyakinan di kalangan pelaku usaha bahwa produk yang baik akan menjual diri sendiri. Artinya, perusahaan tidak perlu melakukan promosi untuk memasarkan produknya asal produk itu berkualitas.

Pemikiran semacam ini bisa dimaklumi terutama jika kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi atau lebih besar dibandingkan kapasitas atau kemampuan produksi yang bisa dihasilkan industri. Karena kita bisa mengawalinya dengan belajar mencari dan menangkap peluang bisnis maupun peluang usaha 2014 yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar