Searching...

Artikel Popular

13 November 2013

Peluang Bisnis Tanpa Modal

Peluang Bisnis Tanpa Modal
Adakah peluang bisnis tanpa modal? Bagi sebagian pelaku bisnis, bisa saja modal bukanlah faktor utama yang sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Disinilah pentingnya kita memandang atau memposisikan modal pada tingkat kebutuhan yang sewajarnya.

Artinya, ketika anda baru saja merencanakan sebuah usaha baru dan siap mengejar peluang usaha, anda perlu mempertimbangkan dengan baik kapan dukungan modal diperlukan, untuk apa, dan berapa besar.

Kewirausahaan bukanlah ditentukan keberanian kita dalam mengambil risiko. Sebab, seperti dikatakan ekonom Peter F Drucker, risk taker atau pengambil risiko untuk mendefinisikan entrepreunership adalah konsep kuno. Lihat juga Peluang Usaha Tahun 2014.

Kalau kewirausahaan lebih diukur pada faktor keberanian mengambil risiko maka sesungguhnya kita ibarat bertarung tanpa mengenal medan terlebih dahulu sehingga hasl akhirnya bisa ditebak, yaitu kalau tidak hancur ya hancur lebur.

Menurut pakar manajemen ini, konsep tentang kewirausahaan lebih baru justru terletak pada bagaimana kita merencanakan dan meminimalisir risiko. Seorang entrepreuner yang baik akan dapat mengukur kapasitas dan sumber daya yang dimiliki untuk menekan risiko.

Risiko bukannya untuk dihadapi melainkan direkayasa dan dibentuk menurut kemampuan yang kita miliki.  Termasuk menyiasati peluang bisnis tanpa modal dan peluang usaha untuk kaum muda menjadi menguntungkan.

0 komentar:

Posting Komentar