Searching...

Artikel Popular

04 November 2013

Memahami Pengertian Waralaba

Pengertian Waralaba
Tahukah Anda apa sebenarnya pengertian waralaba? Salah satu jalan menuju sukses adalah dengan terjun dan menggeluti dunia bisnis. Namun memasuki dunia usaha bukanlah hal yang mudah. Apalagi masyarakat konsumen semakin pintar dalam memilih produk yang diinginkannya. Karena itulah untuk sukses dan berhasil dalam kompetisi bisnis, kita tentunya memerlukan merek yang sangat kuat dan dikenal memiliki reputasi baik di mata konsumen.

Salah satu jalan pintas membangun bisnis yang memiliki brand atau merek yang kuat adalah dengan membeli usaha waralaba. Namun tahukah Anda apa itu waralaba dan bagaimana pual pengertian waralaba yang sesungguhnya?

Pengertian waralaba adalah suatu sistem duplikasi kesuksesan bisnis dari franchisor (pemilik waralaba) kepada individu pengusaha atau calon entrepreneur (franchisee). Pemilik waralaba adalah orang yang telah memiliki pengalaman usaha dan terbukti sukses, memiliki merek yang dikenal, serta mempunyai sistem duplikasi kesuksesan usaha  berdasarkan Standar Operational Procedure (SOP) yang profesional.
Sedangkan Franchisee adalah orang yang belum mengerti dan paham tentang dunia usaha.

Dengan konsep bisnis waralaba inilah yang memudahkan seseorang untuk terjun dan menjadi entrepreneur. Menariknya lagi, dengan system yang telah terbukti berhasil, maka tingkat keberhasilan usaha waralaba relative lebih besar bila dibandingkan bila kita memulai usaha sendiri dari awal.

Perlu dipahami bahwa membangun sebuah merek bukanlah hal yang gampang. Membangun sebuah merek yang kuat dan melekat dalam benak konsumen tentunya membutuhkan kerja keras, waktu, ketekunan, dan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah, bagi para calon pengusaha yang ingin memulai bisnisnya tentunya membeli waralaba yang sudah terbukti sukses menjadi pilihan yang sangat prospektif.

Pengertian Waralaba

Memahami pengertian waralaba terutama penting melihat format bisnisnya dimana pihak franchisor memberikan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk mendistribusikan barang atau jasa dalam lingkup area geografis dan periode waktu tertentu. Dalam melaksanakan bisnisnya, franchisor akan mempergunakan merek, logo, dan sistem operasi yang dimiliki dan dikembangkan oleh franchisor. Pemberian hak inilah yang kemudian dituangkan dalam bentuk perjanjian waralaba atau franchise agreement. Tentang waralaba lebih detail, kunjungi www.jogjacrafts.com

Dalam usaha waralaba ini franchisor telah mempersiapkan dan menyusun system baku tentang cara menjalankan bisnis bagi franchise. Kalau waralaba itu bergerak di bidang usaha resto, maka franchise akan dibantu dalam pengelolaan bisnisnya, dari resep masakan, standar tenaga koki yang dibutuhkan, SOP manajemen resto, dan berbagai aspek lainnya. Dengan kata lain, membeli waralaba merupakan cara membeli suatu bisnis yang sudah jadi.

Dari pengertian waralaba tersebut, dapat kita simpulkan adanya sekitar 6 manfaat dan keuntungan membeli bisnis waralaba modal kecil, yaitu :

  • Jaringan usaha waralaba menawarkan atau memberikan keunggulan dalam hal daya pembelian, advertising atau promosi, maupun sarana yang diperlukan lainnya.
  • Franchisee mendapat pembekalan keahlian melalui proses transfer dan asistensi dalam menjalankan usahanya.
  • Meskipun franchisee dibantu berdasarkan system bisnis yang sudah jadi, namun franchise adalah pemilik perusahaannya sendiri yang otonom.
  • Franchisee dapat menduplikasi kesuksesan pemilik waralaba (franchisor) dengan bantuan start-up yang lebih cepat dan lebih mudah dijalankan.
  • Dengan konsep waralaba akan dapat mengurangi resiko kegagalan bisnis.
  • Waktu atau periode kembali modal (ROI) lebih cepat dan terencana.

0 komentar:

Posting Komentar