Searching...

Artikel Popular

01 Maret 2009

Peralatan Produksi Kertas




Sebelum membuat atau memproduksi kertas daur ulang, perlu dirumuskan terlebih dahulu peruntukannya. Sedangkan kalau untuk mengembangkan potensi bisnis, terlebih dahulu perlu direncanakan sasaran atau target pasar yang hendak diraih. Sebagai sebuah usaha, kertas daur ulang memiliki pasar yang sangat beragam. Baik dalam fungsinya sebagai cinderamata, pelapis kerajinan, maupun untuk kepentingan dunia percetakan. Sasaran ini perlu dirumuskan terutama karena berkaitan dengan investasi peralatan.

Untuk dapat menjangkau semua tujuan di atas, akan dipaparkan peralatan-peralatan pokok yang diperlukan dan memang harus ada untuk memulai bisnis ini. Namun dalam uraian selanjutnya juga akan dipaparkan secara garis besar peralatan lain yang dibutuhkan sesuai dengan peruntukan atau tujuan kita memproduksi kertas daur ulang tersebut. Peralatan-peralatan yang diperlukan untuk memproduksi kertas daur ulang adalah sebagai berikut :

1. Blender
Fungsi utama alat ini adalah untuk menghancurkan bahan baku kertas bekas serta bahan-bahan lain yang diperlukan untuk campuran. Bubur kertas sebagai hasil blenderan bahan baku kertas, merupakan unsur penyusun utama kertas daur ulang. Sedangkan bahan campuran yang telah diblender diperlukan untuk memberi corak, tekstur, atau motif kertas daur ulang yang kita kehendaki. Memang tidak semua jenis bahan campuran harus diblender lebih dahulu. Yang perlu diingat, semua bahan baku yang digunakan untuk membuat kertas daur ulang haruslah lembut, pipih, dan tidak menggeronjal. Semua jenis blender dapat digunakan untuk pembuatan kertas daur ulang. Namun untuk kepentingan bisnis, sebaiknya dipilih blender yang awet dan tidak mahal. Mengingat blender-blender yang ada di toko-toko merupakan blender buah, sehingga kemampuannya untuk menghancurkan kertas-kertas dalam jumlah besar menjadi sangat terbatas. Keterbatasan inilah yang sering menjadi hambatan bagi para pengrajin atau produsen kertas daur ulang dalam mengejar kapasitas produksi.

2. Screen Cetakan
Alat ini diperlukan untuk menyaring bubur kertas dan mencetaknya menjadi kertas daur ulang. Screen ini dapat berbentuk kain kassa atau jaring nilon yang direnggangkan pada rangka kayu berbentuk segi empat. Alat ini dapat dibuat sendiri dengan ukuran menurut kebutuhan, baik ukuran folio atau kuarto, double folio, maupun plano. Namun harus diperhatikan bahwa untuk mengantisipasi kerusakan pada saat proses pembuatan kertas, ukuran screen sebaiknya dilebihkan antara 3 - 5 cm dari ukuran kertas yang hendak dicetak. Kalau kita ingin membuat kertas dengan ukuran folio, yaitu 21,5 x 33 cm, maka ukuran screen minimal harus 27,5 x 39 cm. Untuk meningkatkan kualitas hasil cetakan, sebaiknya dipilih screen atau kassa yang halus atau cukup rapat. Selain itu kassa ini harus menempel kuat pada rangka kayu agar tidak mengendur.

3. Alas Cetak
Alat ini dipergunakan sebagai alas atau dasar cetakan. Alat ini berbentuk triplek yang dilapisi dengan kain. Seperti halnya screen cetakan, alas cetak ini sebaiknya dibuat sendiri dengan ukuran mengikuti ukuran screen. Selain menjadi alas cetak, fungsi kain yang melapisi tripleks ini adalah untuk memberikan bentuk tekstur pada hasil kertas yang dibuat. Untuk itu, kalau kita menghendaki bentuk tekstur yang lain, maka tripleks ini juga dapat dilapisi dengan selain kain, seperti karung bagor ataupun lembaran lain yang memiliki bentuk tekstur tertentu. Namun pelapis tripleks ini sebaiknya jangan menggunakan bahan yang tidak bisa menyerap air, seperti plastik, seng, atau kaca karena justru akan merusak hasil cetakan.

4. Busa
Busa ini diperlukan untuk menyerap air saat bubur kertas dicetak. Agar praktis dan hasilnya baik, sebaiknya digunakan busa yang tebal, kering serta utuh. Apabila dirasakan busa sudah mulai rusak atau sobek, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.

5. Bak Cetak
Alat ini untuk menampung campuran bubur kertas, air, pewarna, serta bahan-bahan tambahan lainnya sebelum dicetak. Untuk memudahkan proses pencetakan, sebaiknya dipilih atau dibuat bak cetak yang tidak terlalu tinggi serta berbentuk segi empat mengikuti bentuk screen. Bak cetak bisa dibeli di toko dalam bentuk ember tempat mandi bayi atau dibuat sendiri dengan kayu atau bahan lain yang dilapisi dengan plastik agar tidak bocor. Yang perlu diperhatikan, ukuran bak cetak sebaiknya tidak terlalu sempit dan masih menyisakan ruang untuk mengaduk campuran bubur kertas serta memasukkan dan mengangkat screen.

6. Ember
Ember yang diperlukan di sini terutama untuk beberapa fungsi, seperti untuk tempat air, wadah hasil blenderan, dan tempat bahan campuran.

7. Mesin Pres
Alat ini diperlukan terutama untuk memadatkan kertas dan mempercepat proses pengeringan. Alat ini sebaiknya dibuat sendiri dengan ukuran disesuaikan menurut kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar